Latest News

9 Petisi Mahasiswa untuk Pemilu Berkualitas


JAKARTA- Kamis (16/1/2013), 9 organisasi kepemudaan yang tergabung dalam “Cipayung Plus” mendatangi kantor KPU di Jakarta Pusat dengan membawa 9 petisi terkait pelaksanaan Pemilu 2014.

Adapun kesembilan organisasi tersebut adalah KAMMI, IMM, PMII, PMKRI, KMHDI, HMI, GMKI, dan HIKMAHBUDHI.

KAMMI yang diwakili oleh Ketua umum Andriyana, ST. ikut berpartisipasi penuh dalam mengusung ide dan membangun aliansi bersama kedelapan organisasi kepemudaan (OKP) lainnya.

“Gerakan ini muncul karena ada keresahan bersama aktivis gerakan dengan persiapan Pemilu 2014 yang masih amburadul”, jelas Andriyana Ketua Umum PP KAMMI.

Menurut Andriyana, persoalan DPT, minimnya sosialisasi, kesiapan KPU daerah, dan rendahnya komitmen peserta pemilu, yaitu caleg dan partai politik menunjukkan keamburadukan persiapan pemilu 2014 nanti.

Maka dari itu, Cipayung Plus mendatangi kantor KPU dengan membawa 9 petisi, dan diterima langsung oleh Ketua KPU Husni Kamil di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2013).

Berikut isi “Petisi 9 Gerakan Nasional Pemilu Berkualitas dari Mahasiswa Untuk Indonesia” yang dibacakan di Aula KPU RI:

1. Seluruh elemen nasional harus fokus menyelesaikan tugas dan tanggungjawab masing-masing sehingga segera mengatasi persoalan tahapan Pemilu yang terjadi hari ini.

2. Menyerukan kepada seluruh peserta Pemilu untuk mengedepankan politik moral dan kebangsaan, menghentikan praktek politik uang, berkomitmen atasi janji politiknya dan mentaati serta melaksanakan seluruh peraturan pemilu secara konsisten.

3. Menuntut penyelenggara Pemilu, birokrasi, TNI/Polri untuk netral dan menjaga integritas dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab secara optimal dan bertindak tegas kepada setiap pihak yang melanggar aturan.

4. Menutut partisipasi aktif KPK, PBK, dan PPATK dalam memantau sumber, penggunaan dan pelaporan dana kampanye partai politik, caleg, capres dan cawapres.

5. Mendorong penyelenggara Pemilu untuk melibatkan seluruh elemen mahasiswa dalam mengawal proses Pemilu 2014.

6. Menyerukan kepada pemimpin bangsa dan para tokoh untuk bersatu menyuarakan, mengawal dan menjaga proses Pemilu 2014.

7. Menyerukan kepada seluruh rakyat dan mahasiswa untuk secara sadar dan berkualitas menggunakan hak pilihnya serta mengawal proses Pemilu 2014.

8. Cipayung plus beserta seluruh kadernya se-Indonesia berkomitmen untuk melakukan pendidikan pemilih, pengawasan dan pembentukan relawan pemanta.

9. Cipayung plus menuntut penyelenggara pemilu dan peserta pemilu untuk melakukan fakta integritas demi terciptanya pemilu demokratis dan berkualitas. Jika fakta integritas tak dilaksanakan, Cipayung Plus akan menempuh langkah hukum dan konstitusional.

(editor: Humas PP KAMMI)


KAMMI Pusat
Muslim Negarawan
On: Twitter & Website - 081617222788

"KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia)adalah sebuah organisasi mahasiswa muslim yang lahir di era reformasi yaitu tepatnya tanggal 29 Maret 1998 di Malang. Anggotanya tersebar di hampir seluruh PTN/PTS di Indonesia."

No comments :

Post a Comment

Syukron atas komentarnya, HAMASAH!!!

Theme images by Bim. Powered by Blogger.